Jumat, 04 November 2011

Tools Gratis Untuk Mengecek Hardisk (disk utility)

Artikel ini melengkapi artikel sebelumnya tentang hardisk. Kalau di artikel sebelumnya kita mengecek hardisk secara fisik (dari bunyinya, keadaan komputer dsb) maka sekarang kita mengeceknya dengan software khusus, sehingga hasilnya bisa lebih akurat. Kalau kamu pengen baca artikel sebelumnya, kamu bisa klik di sini. Ada 4 tools gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek hardisk.

Keempat tools itu adalah :
1. Crystal Disk Info
Merupakan aplikasi berbasiskan teknologi SMART yang tidak hanya mampu menganalisis perangkat hard drive internal, tetapi juga perangkat eksternal yang menggunakan interface USB dan standar IEEE1394. Aplikasi ini mampu menampilkan informasi utama dari perangkat hard drive yang dianalisis dengan baik, mulai firmware, jenis interface yang digunakan, transfer mode, suhu, hingga health status (kondisi hard drive secara umum). Aplikasi ini dapat berjalan secara background tanpa terlalu mengganggu kinerja sistem operasi yang sedang berjalan. Bisa kamu download gratis di sini.

2. HD Tune
Aplikasi ini sama juga dengan Crystal Disk Info yang berbasiskan SMART. Hanya saja, aplikasi ini dapat berjalan secara real time, ini termasuk data temperatur hard drive secara real time. HD tune tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk yang gratis kamu bisa download di sini

3. HDD Health
Selalin menampilkan informasi suhu dan fitur monitoring secara real time, informasi health status ditampilkan dengan sangat sederhana. Aplikasi ini juga menggunakan tool advance diagnostic yang sama dengan aplikasi yang mendukung teknologi SMART lainnya. HDD Health bisa kamu unduh gratis di sini.

4. HDD Scan
Aplikasi ini tidak hanya menyediakan beragam fitur diagnosis SMART, tetapi juga beberapa fitur disk utility lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan banyak mode diagnosis hard drive lainnya, seperti fitur tulis, baca, serta penghapusan secara linier. Kamu bisa unduh gratis HDD Scan di sini.

Kamu dapat menggunakan salah satu aplikasi disk utility yang sudah dipaparkan dalam tulisan di atas untuk membantu kamu memonitoring serta mengecek status performa hard drive kamu saat ini. Keempat aplikasi yang sudah mendukung fitur teknologi SMART tadi dapat menjadi solusi yang layak dicoba sebelum permasalahan hard drive failure terjadi pada kamu. Semoga yang anax kolonx. paparkan di atas bermanfaat, dan menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar